Monday, March 21, 2016
PROMOSI
Promosi merupakan alat komunikasi dan penyampaian
pesan yang dilakukanbaik oleh perusahaan maupun perantara dengan tujuan
memberikan informasi mengenai produk, harga dan tempat. Informasi itu
bersifat memberitahukan, membujuk, mengingatkan kembali kepada konsumen, para perantara atau kombinasi keduanya. Dalam
promosi juga, terdapat beberapa unsur yang mendukung jalannya sebuah promosi
tersebut yang biasa disebut bauran promosi.
Adapun bauran promosi menurut Plilip Kotler yang
tercantum dalam buku karangan Drs. Djaslim Saladin (2004) adalah sebagai
berikut :
Periklanan (Advertising)
Periklanan adalah semua bentuk penyajian
nonpersonal, promosi ide-ide promosi barang atau jasa yang dilakukan oleh
sponsor yang dibayar.
Promosi Penjualan (Sales
Promotion)
Promosi penjualan adalah variasi insentif
jangka pendek untuk merangsang pembelian
atau penjualan suatu produk atau jasa.
Hubungan
masyarakat dan Publisitas (Public
Relation and Publicity)
Hubungan masyarakat adalah suatu usaha
(variasi) dari rancangan program guna memperbaiki, mempertahankan, atau
melindungi perusahaan atau citra produk.
Penjualan Persoanal (Personal
Selling)
Penjualan pribadi atau tatap muka adalah
penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli
potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan.
Pemasaran Langsung (Direct
Marketing)
Komunikasi secara langsung yang digunakan
dari surat, telepon, fax, e-mail,
atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen secara jelas.
Pada dasarnya mempromosikan suatu produk
dengan mempromosikan festival atau acara adalah sama, perbedaannya terdapat
pada yang dipromosikan serta tujuan promosi.
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment